DIES NATALIS KE-60 UKSW

Universitas Kristen Satya Wacana resmi memasuki usia 60 tahun pada 30 November 2016 kemarin. Usia yang tidak bisa dibilang muda lagi bagi sebuah perguruan tinggi swasta. Berbagai sumbangan bagi dunia pendidikan telah diberikan oleh UKSW. Beragam berkat juga telah diterima UKSW disepanjang tahun 2016 lalu, baik berupa prestasi dibidang akademik maupun non akademik yang diterima oleh mahasiswa, dosen, serta tenaga non kependidikan.

Ucapan syukur memasuki usia ke 60 ini dituangkan UKSW melalui serangkaian kegiatan. Puncaknya, diselenggarakan Upacara Dies Natalis ke 60 UKSW yang dihadiri Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Pimpinan Universitas, Senator, civitas akademika UKSW, serta tamu undangan termasuk Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Achmad Rofai.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Rektor UKSW Prof. Dr. (H.C) Pdt. John A. Titaley, Th.D. tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. Bertepatan dengan momentum peringatan 60 tahun, diresmikan beberapa fasilitas baru yang ada di UKSW seperti gedung Fakultas Teknologi Informasi (FTI) di kampus Jalan Dr. O. Notohamidjojo serta Jalan Dr. O. Notohamidjojo. Selain itu juga diresmikan gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Auditorium Ds. S. Djojodiharjo di gedung FTI dan renovasi gedung Balairung Universitas (BU) UKSW.

Sementara itu agenda lain sebagai peringatan momentum 60 tahun UKSW juga diselenggarakan Ibadah Syukur, Pagelaran Wayang Kulit, Pelayanan Kesehatan, Pameran Buku, serta beragam kegiatan lainnya.

PERNAK PERNIK

Auditorium FTI Kampus Jalan Notohamidjojo

Teater Terbuka FTI Kampus Jalan Notohamidjojo

Jl. Dr.O. Notohamidjojo

Gedung YPTKSW

Gedung YPTKSW terletak di Kompleks Kampus Jalan Kartini yang saat ini dipakai untuk Kantor Fakultas Bahasa dan Seni UKSW 

EVENT

JOB FAIR UKSW 32

UKSW secara rutin menyelenggarakan Job Fair (JF) yakni mengikuti periode wisuda universitas pada bulan Maret, Juli dan Oktober. JF diadakan di kampus UKSW dengan tujuan utama yakni menyediakan sarana khususnya bagi lulusan untuk lebih efisien dan efektif mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan.

JF UKSW yang ke-32 telah terselenggara pada tanggal 9-10 Maret 2017. Diikuti oleh 42 peserta dimana 12 peserta dari bidang pendidikan/sekolah dan 30 peserta lainnya dari berbagai bidang diantaranya manufaktur, otomotif, IT, retail, perbankkan, farmasi, jasa dan lain-lain. Sebanyak 352 posisi lowongan kerja ditawarkan untuk latar belakang pendidikan mulai dari SMK hingga S2. Sebaran kota penempatan kerjapun sangat beragam baik di Jawa maupun luar Jawa.

Selama dua hari penyelenggaraan, event JF dihadiri oleh sekurang-kurangnya 1,600 pencari kerja. Tidak hanya berasal dari UKSW namun lulusan dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi lainnya ikut memadati acara JF. Selain suasana yang nyaman dan fasilitas gratis tiket masuk, pencari kerja juga diberikan kemudahan untuk mencermati informasi lowongan kerja yang ditawarkan melalui media website jobfair.uksw.edu dan media hardcopy vacancy book.

Besar harapan SWCA UKSW sebagai penyelenggara JF, dengan ajang bursa kerja terbuka ini, para lulusan dapat mendapatkan pekerjaan dengan baik.

PASKAH UKSW 2017

Ibadah dan Perayaan Paskah di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana diselenggarakan dengan penuh ucapan syukur pada 17 April 2017. Balairung UKSW yang digunakan sebagai tempat diselenggarakannya acara dipenuhi oleh civitas akademika. Ibadah dipimpin oleh Pdt. Jetroson Rense, M.Th dari Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) dengan tema yang diangkat “Mensyukuri Kuasa Kebangkitan Kristus yang Membebaskan” dari Roma 6:10.

Pada kesempatan ini, Rektor UKSW Prof. Dr (HC) Pdt. John A. Titaley, Th.D mengajak seluruh civitas akademika  untuk dapat mensyukuri momentum Paskah. “Kebangkitan Kristus membawa kita pada perspektif yang baru. Dalam perspektif baru itulah Tuhan telah merancang dan menunjukkan masa depan kita, maka jalanilah dengan penuh sukacita,” pesan Rektor.

Perayaan Paskah UKSW dimeriahkan oleh penampilan Teater Jiwo, Voice of Theology, Voice of FKIP, Voice of SWCU,  Paduan Suara Magnificat, serta siswa Paud Terpadu Satya Wacana Children Center (SWCC) serta Angelica Martha Pieters atau yang akrab disapa Angel Pieters sebagai bintang tamu.

Angel Pieters membawakan lima buah lagu, beberapa diantaranya diambil dari album miliknya seperti lagu yang berjudul Doa Yabes dan Kunyanyi Haleluya.

Sebelumnya, panitia telah menggelar beragam kegiatan guna memperingati Paskah seperti prosesi pemasangan mahkota duri dan kain ungu pada salib di beberapa lokasi Kampus, aksi donor darah, kunjungan ke Panti Wreda Salib Putih serta pelayanan kesehatan di Desa Kebondowo, Kabupaten Semarang.

PRESTASI

Tim Basket andalan Universitas Kristen Satya Wacana atau yang lebih dikenal dengan tim basket Satya Wacana Salatiga (SWS) kembali memperoleh kesempatan berlaga dalam ajang liga basket nasional Indonesian Basketball League (IBL) 2017.

Saat turun dalam laga IBL yang dimulai sejak awal Januari lalu, tim yang bermarkas di GOR Putra Abadi ini bertanding melawan tim-tim papan atas tanah air yaitu CLS Knights Surabaya, Satria Muda Pertamina Jakarta, Bank BJB Garuda Bandung, JNE Siliwangi Bandung, Bima Perkasa Yogyakarta, Pelita Jaya Jakarta, W88.news Aspac Jakarta, Hangtuah Sumsel, NSH Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya.

Dipimpin pelatih Efri Meldy, saat ini tim basket Satya Wacana diperkuat oleh Musthofa Ramadhan (Power Forward), Andre Adriano, Ardian Ariadi, Yurifan Hosen, Andreas Rismawan (Shooting Guard), Rionny Rahangmetan, Elyakim Tampa’i, Cassiopeia Thomas Manuputty (Point Guard), Vincent Sanjaya, Bryan Adha Elang, Reza Farid Azizi (Center), Prio Dwi Handoko, David Liberty Nuban (Small Forward) dengan kapten Budi Sucipto (Point Guard).

Pada musim kompetisi 2017, pihak IBL selaku penyelenggara mewajibkan setiap tim untuk menggunakan dua pemain asing. Peraturan yang dikeluarkan dengan tujuan untuk menambah semarak gelaran IBL serta memberikan dampak positif bagi tim sehingga meningkatkan mutu dan kualitas para pemain lokal ini membuat tim Satya Wacana menambah dua punggawa asal Amerika Serikat yaitu  Nate Maxey dan Jarron Crump.

Dukungan dari dua pemain asing serta latihan maksimal mendekati laga, ternyata belum dapat mengantarkan tim basket Satya Wacana menuju ke level yang lebih tinggi yaitu lolos babak Play Off. Perjuangan Budi Sucipto dkk harus berhenti hanya sampai di babak penyisihan. Hal ini menyusul posisi Satya Wacana yang tidak bisa menembus enam besar sebagai syarat masuk ke babak Play Off.

Meskipun begitu, tiga prestasi disumbangkan oleh para pemain tim basket Satya Wacana. Tiga prestasi tersebut diraih oleh Nate Maxey, Andre Adrianno, serta Cassiopeia Manuputty. Maxey yang pernah bermain bagi tim North Carolina AS dan memiliki postur dengan tinggi badan 211 sentimeter ini terpilih sebagai pemain bertahan terbaik IBL atau "Defensive Player of The Year". Dirinya mengalahkan dua kandidat lain yaitu Galank Gunawan (Garuda Bandung) dan Nate Barfield (NSH Jakarta).

Sementara Andre Adrianno berhasil masuk nominasi sebagai Most Improvement Player dan Cassiopeia Manuputty berhasil masuk nominasi sebagai Rookie of the Year.

PROFIL ALUMNI

DANIEL KRISTIANTO “Keberhasilan tidak selamanya ditentukan oleh fasilitas”

“Saya bersyukur kuliah di UKSW. Memang banyak keterbatasan dalam fasilitas, tapi semangat dan atmosfir kerja keras sangat terasa. Di dalam keterbatasan kami dipacu untuk memberikan hasil yang maksimal. Budaya ini sangat berguna bagi saya sendiri yang terjun dalam dunia usaha, bahwa keberhasilan tidak selamanya ditentukan oleh fasilitas”kata Daniel. Alumni FTEK yang lulus pada tahun 2012, saat ini mengelola usaha dalam bidang Teknologi Kreatif sebagai Direktur sekaligus owner dari Silicon Artworks.

Pria yang berasal dari kota Salatiga, memutuskan untuk studi di UKSW dan mengambil jurusan Teknik Elektro-FTEK. “Dulu waktu di kelas kalau ada satu mahasiswa yang menonjol dan pintar, itu adalah musibah. Karena penilaian pada waktu itu nisbi, jadi kami yang pas-pasan harus tersingkir atau bahkan tidak lulus”kenang Daniel. Pengalaman lainnya diceritakan “Saya masih ingat pada semester 1, saya mendapatkan tugas asistensi untai elektrik. Soalnya sangat mudah, tapi jawabannya sampai 6 lembar kertas HVS bolak-balik yang dibagi menjadi 3 kolom. Meskipun saat itu jawaban tugas saya salah, padahal saya mengerjakannya 2 hari tanpa tidur”imbuh Daniel.

Sulitnya menjalani perkuliahan tidak mematahkan semangat untuk mendapatkan prestasi yang telah diraih Daniel, diantaranya dalam ajang: Kontes Robot Cerdas tingkat regional (juara 1-th 2008 & juara 2-th 2010), Kontes Robot tingkat Nasional (juara 3-th 2010), Tim dengan Algoritma Terbaik Kontes Robot Cerdas 2010 serta Juara 1 Kontes Roket Indonesia 2010.

“Di UKSW saya menemukan teman dan saudara. Dulu saat tugas akhir, dalam beberapa bulan rumah kami adalah lab skripsi (Lab XT), kami masing-masing punya beban yang sama dan cita-cita yang sama yaitu: lulus. Kami saling bantu-membantu, tidur hanya beberapa jam sehari, demi mempersiapkan kewajiban kami. Kecuali mandi, kami lakukan semua bersama-sama di lab.”kenang Daniel sambil tersenyum.

Harapan Daniel bagi UKSW yang memiliki motto hidup que sera sera (whatever will be will be), dikatakan UKSW tetaplah menjadi UKSW, terutama FTJE, tetaplah jadi FTJE. Mungkin kita dihadapkan dengan persaingan yang menuntut penyesuaian. Memang agar tetap hidup kita harus beradaptasi. Tetapi jangan sampai kawah candradimuka itu menjadi suam-suam kuku, tetaplah membara dan membakar calon-calon pemimpin, sehingga terlahir lulusan yang siap membawa perubahan. Mungkin isu kuantitas membayangi pikiran kita, jangan kuatir, Sukarno hanya butuh 10 dan Yesus hanya butuh 12 murid.

Daniel Kristianto – Alumni Angkatan 2005 Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Jurusan Elektro-FTJE (sekarang Fakultas Teknik Eletronika dan Komputer-FTEK-red)

LULUT AYUNING REJEKI “Ditempa untuk Menjadi Berharga dan Bernilai”

"Sangat menyenangkan menjadi bagian dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). UKSW memberikan banyak kesempatan untuk saya mengembangkan potensi diri saya. Dosen menjadi sahabat bagi para mahasiswa. Menyatu dengan keragaman suku, bahasa, agama, budaya mengajarkan kami mahasiwa untuk hidup dalam Bhinneka Tunggal Ika, penuh toleransi. UKSW sebagai Indonesia Mini."

Kalimat tersebut mengalir dari Lulut Ayuning Rejeki, alumni yang menempuh pendidikan S1 dan S2 nya di UKSW. Lulut, sapaan akrabnya merupakan lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) serta Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UKSW. Selama menjalani masa kuliah, Lulut yang saat ini bekerja sebagai Marketing Support pada sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang chemical di kota Tangerang ini aktif dalam kegiatan organisasi, kepanitiaan, hingga kegiatan bakat minat.

Menurut peraih beberapa sumber beasiswa selama berkuliah di UKSW ini, pekerjaannya saat ini tidak jauh dari background pendidikan dan pengalamannya selama di bangku kuliah. Bidang pekerjaannya tersebut, menuntut Lulut untuk membuat program CSR serta turun memberikan edukasi ke sekolah dan kampus melalui presentasi dan workshop. Tidak hanya itu, dirinya juga harus melakukan analisa kompetitor dan melakukan pengembangan program marketing baik di aras pusat maupun seluruh cabang yang ada di Indonesia.

“Selama di UKSW saya aktif berorganisasi, saya belajar banyak hal, salah satunya adalah teamwork. Dan itu merupakan hal yang penting, karena terbukti saat bekerja sekarang ini saya dituntut untuk tidak hanya mampu bekerja secara mandiri tetapi juga secara teamwork,” tutur pemilik hobi berenang dan bersepeda ini.

Tidak hanya itu saja, Lulut merasa selama menempuh pendidikan S2 kemampuan public speaking yang telah dipelajarinya selama berkuliah di FISKOM juga makin terasah. Hal ini tak lain karena banyak event di aras fakultas yang dipercayakan padanya. Hingga kinipun, Lulut bahkan seringkali didapuk menjadi MC untuk event perusahaan.

Disinggung mengenai harapannya untuk UKSW, Lulut menjawab bahwa dirinya berharap UKSW senantiasa menjadi wadah pengembangan potensi diri mahasiswanya di berbagai aspek. “Kiranya UKSW dapat menjadi sarana memproses dan menempa mahasiswa melalui beragam kegiatan positif. Ditunjang dengan atmosfer belajar yang menyenangkan, semoga UKSW dapat membawa mahasiswanya sampai pada pencapaian-pencapaian terbaik,” imbuhnya.

Lulut Ayuning Rejeki – Alumni Angkatan 2007 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi dan Angkatan 2013 Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UKSW

ALUMNI MENYAPA

Banyak pembelajaran dan hal baik yang saya dapatkan selama kuliah di satya wacana. Pengalaman belajar bahkan mengajar saya dapatkan. Komunitas dan organisasi yang selalu bisa menjadi wadah bertukar pikiran. Serta pertemanan yang tulus tanpa memandang latar belakang, suku, dan agama. Semua menjadi bekal saya masuk ke dunia kerja. Semua menjadi bagian saya bertumbuh dan berproses menjadi pribadi yang lebih baik.

Saya berharap dengan adanya SWAN, persaudaraan alumni satya wacana menjadi semakin rekat.

Salam dari saudaramu :) Salam Sukses

Sylvia Lavinia Noor Vianty, S.SI

Alumni Fakultas Teknologi Informasi 2009

Divisi Pengembangan Operasi dan Layanan Bank Central Asia (BCA)

Selama berkuliah di Satya Wacana, saya diberi Tuhan kesempatan untuk belajar berorganisasi. Dalam rentang waktu tersebut, saya belajar bagaimana menghargai perbedaan. Baik perbedaan dalam hal berpendapat maupun perbedaan dari segi karakter, suku, agama dan juga ras.

Yang terpenting, di Satya Wacana saya belajar bagaimana menilai seseorang bukan dari latar belakangnya tetapi dari cara bekerja dan cara menyelesaikan masalah. Semoga Satya Wacana terus menjadi Indonesia Mini. Cerminan Indonesia yang organik, tanpa pestisida. Dan selalu menjadi tempat yang pas untuk belajar keberagaman! Tuhan memberkati.

Aditya Yoga S, S.P

Alumni Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) 2008

Manajemen sukasayur.com

Saya sangat bangga berkuliah di UKSW. Kalimat tersebut yang selalu terucap dalam hati saya selama ini. Saya merasa tidak ingin cepat cepat lulus saat itu. Bagaimana tidak, terletak di kota Salatiga yang nyaman, makanan serba murah, lingkungan kampusnya asri, mahasiswanya ramah - ramah, dosen yang peduli pada mahasiswanya membuat saya makin merasa ada di zona nyaman. Saya tidak salah pilih universitas untuk berkuliah. Beragam kegiatan yang ada di UKSW juga sangat menarik untuk diikuti. Ketika mulai masuk dunia pekerjaan,  saya merasa sangat bersyukur karena UKSW sudah membekali saya dengan banyak hal sehingga saya lebih siap dalam menghadapi dunia pekerjaan. UKSW sudah berhasil membuat kangen para alumninya. Pokoknya, saya makin cinta sama UKSW.

Olivia Ellen Junita
Alumni Fakultas Psikologi 2007
Recruiter PT. Riau Andalan Pulp and Paper (Paper One)

Kebahagiaan tersendiri menjadi bagian dari Universitas Kristen Satya Wacana, universitas yang menjadikan kota Salatiga sebagai Indonesia Mini. Universitas dimana saya pernah mengenyam pendidikan dan sekarang menjadi tempat saya bekerja. Kiranya Universitas Kristen Satya Wacana dapat menjadi berkat bukan hanya untuk saya saja, akan tetapi untuk semua.

Dan terimakasih SWAN yang telah memberi saya kesempatan untuk menyapa. HI!

 

 

Fernanda Surya, M.Pd.

Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2011

Guru Olahraga SMA Kristen Satya Wacana

KILAS BERITA ALUMNI

Reuni Alumni Fakultas Ekonomi (sekarang Fakultas Ekonomika & Bisnis) Angkatan 1988 di kampus UKSW

Reuni Perak Alumni Fakultas Hukum Angkatan 1991 di Pondok Remaja Salib Putih Salatiga

SWCA SERVICES

SWCA

SWCA sebagai unit pusat karir UKSW dibawah koordinasi Biro Promosi, Humas dan Alumni (BPHA), memberikan fasilitas layanan utama melalui program-program: pembekalan, workshop, campus hiring, SWCA member, posting lowongan kerja, tracer study, alumni database online dan Job Fair UKSW.

Link        : swca.uksw.edu ; jobfair.uksw.edu

 

Tracer Study

UKSW mengundang para alumni untuk mengisi kuesioner yang sudah kami sediakan secara online. Partisipasi Anda akan memberikan kontribusi yang sangat berarti untuk Fakultas maupun aras Universitas.

Link        : swca.uksw.edu/formulir-tracer-study

 

Registrasi Alumni

Suatu sukacita dimana ada kepedulian Alumni untuk bisa mengikuti perkembangan kampus UKSW. Kami akan sangat berterimakasih apabila Alumni berkenan mendaftarkan atau memperbaharui database alumni. Data Alumni tidak akan kami publish dan hanya kami gunakan untuk kepentingan akademisi.

Link        : Registrasi Alumni UKSW

 

Job Fair UKSW

Alumni yang sudah berkarya dalam dunia kerja, kami berharap dapat dishare di lingkungan kerja mengenai event JF yang digelar secara rutin oleh UKSW (Maret, Juli & Oktober). Welcome bagi Alumni yang berkeinginan untuk mencari pekerjaan dengan karir yang lebih baik dalam ajang job fair. 

Link        : jobfair.uksw.edu

 

B2B Donation

Kami menyambut baik segala bentuk partisipasi yang Anda berikan untuk mendukung berbagai program UKSW dalam bentuk : Pengembangan Fisik | Beasiswa | International Program | Voice of SWCU | Satya Wacana Basketball

  Link : swca.uksw.edu/donasi/

GALERI

Universitas Kristen Satya Wacana

Jl. Diponegoro No. 52-60 Salatiga

Jawa Tengah, 50711

Telp & Fax : (0298) 3419160

Email : swca@adm.uksw.edu

swca.uksw.edu

FORWARD
MailerLite