40th EASE

Mengenang 40 tahun Perjalanan EASE

Tahun 2017 menjadi tahun yang spesial bagi program East Asia Student Encounter (EASE). Sebab program kerjasama antara dua universitas, UKSW dan Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang memasuki tahun ke-40 penyelenggaraannya.

Peringatan 40 tahun atas program pertemuan mahasiswa yang dilakukan secara rutin setiap tahun antara mahasiswa UKSW dengan mahasiswa KGU ini digelar semarak melalui acara 40th EASE Anniversary and Reunion.

40th EASE Anniversary and Reunion diikuti oleh 134 alumni dari berbagai angkatan. Melalui kegiatan ini peserta diajak untuk mengenang beragam kegiatan selama penyelenggaraan EASE. Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari pada 18-19 Agustus kemarin juga diadakan diskusi panel, culture sharing, malam temu alumni serta peresmian monumen peringatan 40 tahun perjalanan program EASE dan kantor perwakilan KGU Jepang di UKSW.

Peresmian monumen ditandai dengan pelepasan burung merpati yang melambangkan perdamaian oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP., Rektor UKSW Prof. Dr (H.C) Pdt. John A. Titaley, Th.D, Wakil Rektor Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang Prof. Takahiro Shinyo, Ph.D dan Direktur Pusat Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Ryo Nakamura. Peresmian juga ditandai dengan penandatanganan prasasti monumen oleh Gubernur Jawa Tengah.

Pada sisi-sisi monumen dilengkapi logo UKSW dan juga logo KGU Jepang. Nama-nama peserta kegiatan EASE sejak tahun 1977 sampai 2016 baik dari UKSW dan KGU ditulis di monumen tersebut. Pada bagian lain monumen juga disiapkan tempat untuk nama-nama peserta EASE ditahun mendatang. Monumen dilengkapi dengan globe dan juga burung merpati yang menjadi lambang perdamaian.

Globe dan burung merpati tersebut sesuai dengan logo EASE dan juga misi EASE yaitu EASE for the peace of the world. Monumen ini menjadi simbol dan fakta bahwa EASE, sebuah kerjasama UKSW dengan KGU Jepang bisa berjalan selama 40 tahun tanpa putus, dan ini bukanlah hal yang mudah.

Pernak - Pernik

Kantor Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang di UKSW

Kantor Perwakilan KGU ini diresmikan bersamaan dengan peringatan 40 tahun EASE. Berada di dalam ruangan Kantor Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional, kantor ini digunakan apabila ada perwakilan staf KGU berkunjung ke UKSW.

Kantor Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional

Wajah baru Kantor FISKOM dan FH

Kantor Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM)

Saat ini FISKOM menempati satu gedung 2 lantai yang berada di belakang Balairung Univeritas. 

 

Kantor Fakultas Hukum

Mulai semester genap Tahun Akademik 2017/2018, FH kini resmi menggunakan lantai 4 dan 5 gedung F sebagai kantor administrasi dan perkuliahan.

Event

JOB FAIR UKSW 33

SWCA UKSW kembali menyelenggarakan Job Fair UKSW ke-34 pada tanggal 27-28 Juli 2017 di Balairung Universitas. JF UKSW kali ini sekurangnya  diikuti oleh 36 peserta perusahaan (24), lembaga pendidikan (11) dan ada satu peserta dari Gereja (GKI Pengampon). Beberapa diantaranya seperti Polytron, Indomarco Prismatama, Propan Raya, Ace Hardware, Biznet Networks, Pura Group, Computrade Technology International, Astra Otoparts, Bank Mega, OT Group, dll. Perusahaan peserta JF menawarkan lebih dari 300 posisi lowongan kerja yang terbuka untuk berbagai jurusan mulai lulusan SMK hingga S2. Setiap posisi lowongan kerja bisa diisi lebih dari satu orang. Hal ini dikarenakan kebutuhan penempatan SDM tidak hanya di kantor-kantor pusat, namun juga tersedia kesempatan di kantor-kantor cabang di seluruh Indonesia.

Pencari kerja yang ikut mamanfaatkan kegiatan ini datang dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi dari berbagai kota diantaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Magelang, Kudus, Klaten, Purwokerto, Kab. Semarang, dan lain sebagainya. Tercatat sebanyak 1,297 pencari kerja yang datang selama 2 hari penyelenggaraan. Dilihat dari asal pendidikan, sejumlah 709 orang berasal dari lulusan UKSW dan 321 lulusan non UKSW.

Harapan dari UKSW, dengan diadakannya kegiatan ini, bisa menjadi salah satu pilihan media untuk mencari kerja dengan cara yang lebih efsisien dan efektif. Sehingga terkhusus bagi lulusan UKSW dapat lebih cepat masuk dalam dunia kerja dan berkarya sesuai dengan yang diinginkan.

Salam Sukses !

OMB 2017

UKSW kembali memperoleh anggota keluarga baru. Ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di kampus Indonesia mini untuk mengikuti rangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru yang diselenggarakan pada 16 hingga 25 Agustus dan 9 September lalu.

Tema OMB tahun ini yaitu “Berdaya Cipta dan Jadilah Teladan” yang diambil dari Filipi 4 : 9. Selama kegiatan OMB kemarin, mahasiswa baru didampingi kakak angkatan atau yang disebut fasilitator mengikuti berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain pengenalan visi dan misi UKSW, pengenalan kampus dan budaya akademik, serta pengabdian masyarakat baik untuk tingkat universitas dan juga fakultas.

OMB UKSW 2017 turut dimeriahkan dengan hadirnya Najwa Shihab dalam acara bertajuk Najwa Shihab @UKSW. Duta Baca Indonesia ini menyapa mahasiswa baru dan juga civitas akademika di Balairung Universitas. Tak ketinggalan, agenda kulonuwun ke masyarakat Salatiga juga digelar melalui karnaval OMB. Tidak kurang 2000 mahasiswa ikut turun ke jalan dalam barisan CS MarchingBlek, MB (Mahasiswa Baru) Costume Carnival, Flagger, Barisan Bhineka Tunggal Ika, dan Sapu Jagad.

5 Tahun GlobEEs

UKSW bekerjasama dengan Chang Jung Christian University (CJCU) Taiwan kembali menggelar program Global Education Experiences (GlobEEs) 2017. Tahun ini UKSW menjadi tuan rumah kegiatan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2013 tersebut. Digelar selama dua pekan, GlobEEs kali ini mengangkat tema “Befriending Culture and Nature”.

GlobEEs diikuti oleh delapan mahasiswa pilihan dari UKSW dan sembilan mahasiswa pilihan dari CJCU. Beragam kegiatan digelar bagi para peserta seperti diskusi panel bersama dosen-dosen UKSW, kunjungan ke sekolah alam, serta cultural night dimana masing-masing peserta dari dua negara akan menampilkan kebudayaan berupa nyanyian serta tari-tarian.

Pada awalnya GlobEEs diselenggarakan karena kedua belah pihak yaitu UKSW dan CJCU ingin terus menjalin kerjasama dan saling mengenal kebudayaan. Hingga penyelenggarannya yang sudah menginjak tahun kelima ini, GlobEEs  semakin membawa dampak positif tidak hanya bagi peserta tapi juga kedua lembaga penyelenggara.

Satu yang menarik dalam gelaran culture sharing GlobEEs kemarin juga diadakan ceremony sebagai peringatan lima tahun GlobEEs berupa pemotongan tumpeng oleh Pembantu Rektor IV UKSW Martha Nandari, MA diserahkan kepada leader dari masing-masing universitas.

Prestasi

R2C  Juara 2 Nasional Kontes Robot Indonesia

Tim Robotics Research Center (R2C) kembali mengharumkan nama UKSW dikancah nasional. Tim yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) ini mengukir prestasi pada ajang Kontes Robot Indonesia 2017.

Melalui robot R2C Warrior, mereka berhasil menyabet gelar Juara 2 Tingkat Nasional Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Dibabak final KRSBI, Robot R2C Warrior harus mengakui keunggulan robot Gerhana Dewaruci Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dengan skor akhir 3-6.

Sebelumnya, R2C Warrior berhasil meraih Juara 3 KRSBI Tingkat Regional 3 dan meraih penghargaan desain terbaik. Tim R2C Warrior beranggotakan 10 mahasiswa yaitu Anton Suprayudi, Yohanes H. Dwiyatmaka, Chandra Pengestu, Dani Setya Ardian, Gideon S. Nugroho, Ane Cornelia, Yonathan Darwinto, M. Abdussy S, Andika Sukma Deryawan dan Johandi. Tim ini di bawah bimbingan Gunawan Dewantoro, M.Sc.,Eng.

Tim R2C merupakan salah satu tim yang berhasil maju di KRI tingkat nasional setelah lolos di tingkat regional. Ada 93 tim dari 48 perguruan tinggi yang berpartisipasi di KRI Tingkat Nasional yang berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Juli kemarin.

Profil Alumni

Evelyn Octaviana Susanto

“UKSW Beri Kesempatan Terjun di Kancah Internasional”

Menimba ilmu di UKSW menjadi gerbang untuk berkiprah di kancah internasional. Hal tersebut rasanya tidak berlebihan apabila diucapkan oleh sosok alumni UKSW satu ini. Evelyn Octaviana Susanto namanya. Ya, alumni program studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW angkatan 2007 tersebut bahkan saat ini telah sukses berkarir di negeri Sakura, Jepang.

Kesuksesan Evelyn saat ini berawal dari kedekatannya dengan para dosen saat menimba ilmu di UKSW. Diakui Evelyn hal tersebut memudahkannya untuk menimba ilmu lebih banyak dari para dosen sekalipun di luar jam perkuliahan. Semasa kuliah, Evelyn mengikuti beberapa matakuliah dalam kelas imersi, di mana perkuliahan diajarkan dalam bahasa Inggris. Tidak banyak memang matakuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris namun pengalaman ini sangat bermanfaat baginya.

“Saya menjadi tidak asing dengan istilah-istilah akuntansi dalam bahasa Inggris serta terbiasa membaca jurnal berbahasa Inggris, sehingga saya tidak mengalami kesulitan ketika melanjutkan pendidikan S2 saya di Jepang,” tutur Evelyn yang menyelesaikan gelar masternya di International Management Course (Finance Program) Institute of Business and Accounting, Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang.

Ketertarikan Evelyn pada Jepang juga tidak lepas karena dirinya terpilih sebagai wakil dari UKSW untuk mengikuti student exchange program di KGU Jepang. Di sana dirinya berkesempatan untuk belajar bahasa dan budaya Jepang selama 1 tahun. Dasar ilmu akuntansi serta pengalaman student exchange dari UKSW inilah yang mengantarkan Evelyn untuk dapat bekerja di Jepang saat ini.

Saat ini Evelyn bekerja di Headquarter Lotte Co., Ltd, di Tokyo, Jepang pada divisi akuntansi khususnya menangani akuntansi untuk bisnis Lotte di dalam negeri Jepang, dan juga ikut serta dalam menangani bisnis Lotte di luar Jepang seperti Indonesia, Filipina, Polandia, dan lain-lain. Sebagai satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Lotte Headquarter di Tokyo, Evelyn seringkali dimintai pendapat mengenai hal-hal yang berhubungan dengan strategi bisnis maupun peraturan bisnis yang berlaku di Indonesia.

Kepada almamater yang turut membentuknya dan mendukungnya hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini, Evelyn berharap kiranya UKSW dapat menjadi sebuah universitas yang dapat lebih dikenal secara global. “Mengingat saat ini merupakan era globalisasi, akan lebih baik jika hubungan kerja sama dengan institusi di luar negeri lebih ditingkatkan. Misalnya dengan meningkatkan program-program pertukaran pelajar, tidak hanya mengirim mahasiswa ke luar negeri namun juga mendatangkan lebih banyak mahasiswa asing untuk menimba ilmu di UKSW. Dengan demikian kiranya nama UKSW akan lebih dikenal secara global,” tutur Evelyn yang gemar belajar bahasa asing sejak duduk di bangku SMP ini.

SATRIYO WIBOWO

 “Orang Biasa Menjadi Luar Biasa”

Jiwa seni yang begitu kuat mengalir dalam diri Satriyo Wibowo, salah satu Alumni dari Fakultas Seni Pertunjukan UKSW (sekarang menjadi Fakultas Bahasa & Seni-FBS-red). Perjuangan semenjak memilih UKSW sebagai tempat menimba ilmu tak membuat Satriyo patah semangat. “Awal mula biaya kuliah dari Bapak Pendeta saya, karena dari keluarga tidak memungkinkan untuk saya lanjut ke perguruan tinggi. Saya juga berusaha untuk mendapat beasiswa dari kampus,” kata Satriyo. Prestasi akademik yang pernah diraih Satriyo adalah menjadi lulusan wisuda IPK terbaik, mendapat beasiswa prestasi dan menjadi Young Talent FSP.

Satriyo yang berasal dari Kartasura, merasa bersyukur karena salah satunya bisa bertemu dengan Dosen sekaligus Wali Studi dan Pembimbingnya yakni Bapak Poedji. “Beliau seperti kamus berjalan, banyak hikmah yang saya rasakan. Selalu mendorong dan mengarahkan saya menjadi lebih maju. Saya rasakan arahan beliau hingga saat ini”kenang Satriyo.

Wawasan pengetahuan dari bangku kuliah, akhirnya memulai benih baru bagi Satriyo untuk mendirikan sekolah musik sendiri dengan nama SMI (Sekolah Musik Indonesia, www.sekolahmusikindonesia.co.id). Sebagai cofounder SMI pertama di Solo dan Head Education, SMI saat ini sudah berkembang hinga ke Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Purwodadi, Tangerang dan Sidoarjo. Mengusung "21st Century Ready Music School", SMI hadir dengan paket pembelajaran 3 in 1 yaitu Private Class, MTL Class, Group Class. Perangkat teknologi digunakan SMI karena dinilai mempunyai keuntungan “competitive advantage” yakni mempunyai fungsi: trigerring, accelerating & sharpening. “Saya bangga sebagai alumni UKSW karena sebagai lulusan saya bisa berkarir di bidang musik dan berguna bagi orang lain melalui pendidikan musik,” ujar Satriyo.

Satriyo berharap agar UKSW menjadi lebih baik dan bisa menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Terkhusus Prodi Seni Musik bisa semakin berkembang dan lebih open dengan kemajuan jaman serta teknologi, sehingga bisa berinovasi di era sekarang dan membawa revolusi pendidikan bagi banyak orang.

Satriyo Wibowo,S.Sn. – Alumni Angkatan 2002 Prodi Komposisi Fakultas Seni Pertunjukan - FSP (sekarang menjadi Fakultas Bahasa & Seni-FBS-red)

Alumni Menyapa

“Bangga menjadi alumni UKSW? Tentu saja saya bangga! UKSW tempat saya belajar untuk menjadi SDM siap kerja dengan dibekali soft skill yang lengkap. Kini UKSW menjadi tempat dimana saya bekerja, baru 10 tahun memang…tapi sudah cukup untuk membuat saya semakin mencintai UKSW. UKSW yang memberikan saya banyak ilmu dan membuka wawasan saya seluas-luasnya. Maju terus UKSW!

Novasari Linda Jeany

D3 Business Secretary Program - FEB 1998

Staf Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional UKSW

Matematika itu proses. “Bagaimana cara mencarinya?” adalah penting. Sering kali saat mengerjakan soal matematika, cara (proses) pengerjaannya benar maka bobot nilainya lebih besar dibandingkan hasilnya saja yang benar. Sama halnya dengan kuliah adalah sebuah proses yang harus dilewati untuk menggapai cita. Ya, di kampus UKSW ini, memperluas relasi pertemanan, mengurangi keegoisan, menambah pengetahuan dan pengalaman, serta membagikan cinta kasih, semua itu saya dapatkan di UKSW. Kampus dengan julukan Indonesia Mini ini, telah mengajarkan banyak hal yang dapat saya gunakan dalam dunia pendidikan. Terima kasih dan tetaplah menjadi tempat untuk berproses! Tuhan Memberkati.

Ary Kurnia Astuti, S.Pd

Alumni S1 Pendidikan Matematika - FKIP 2012

Guru Matematika SMP Kanaan Ungaran

Bagi saya Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bukan hanya sekedar kampus, namun UKSW adalah Rumah bagi saya. Tempat dimana saya belajar bertumbuh menjadi dewasa baik dalam hal perilaku maupun pola pikir. Saya belajar banyak sekali hal baru selama saya berkuliah di Satya Wacana, mulai dari mengikuti kegiatan kepanitiaan, aktif dalam organisasi, dan lain sebagainya.

Satu hal yang paling berkesan yang ingin saya bagikan bahwa di UKSW saya dididik untuk menjadi manusia yang Kritis-Prinsipil dan Kreatif-Realistis. Hal ini yang selalu menjadi pedoman hidup saya, yang juga saya bagikan pada saat memberikan pelatihan. At last but not least, I’m proud to be a family of Satya Wacana Christian University. Tuhan Memberkati Pelayanan Kita!!!

Arifzal Kehi, M.Psi, Psikolog.

Alumni Fakultas Psikologi  2009

Tidak hanya belajar tentang akademik, saya juga belajar untuk berorganisasi dan bersosialisasi. Dengan kegiatan seperti ini saya bisa melatih cara berkomunikasi, rasa percaya diri, rasa sabar, dan bertanggung jawab. Adanya Indonesia mini di Satya Wacana memberikan wadah bagi kami berbagi kasih dalam perbedaan suku, bahasa, agama, budaya. Terima kasih kampusku maju terus Satya Wacana ku, jadikan aset yang berharga untuk kemajuan bangsa. Tuhan Memberkati.

Tya Mega Christina A.Md.Kom.

Alumni D3 Komputerisasi Akutansi - FTI 2013

Adm. Akuntansi PT Polidayaguna Perkasa

Kilas Berita Alumni

Sharing Alumni

Dies Fakultas Biologi 2017

Basuki Pranoto, S.Si., alumni Fakultas Biologi UKSW angkatan 1989 hadir sebagai narasumber dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh almamaternya di Balairung Universitas, Jumat (6/10) pagi. Basuki yang saat ini menjalankan usaha di bidang flavor and fragrance tersebut nampak bersemangat membagikan pengalamannya di hadapan seluruh peserta yang hadir.

Disampaikannya apa yang menjadi bidang pekerjaannya saat ini tidak jauh dari apa yang dipelajarinya selama di bangku kuliah. Basuki menyebut banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa apabila ingin membuka lapangan usaha baru.

Dibidang yang tengah digelutinya saat ini misalnya, masih banyak peluang yang dapat dikembangkan seperti bidang usaha laundry, refill parfum, distilasi industri, refinery industry, fish bait, serta vape start up.

Temu Alumni

Temu Kangen Ikatan Alumni Biologi Satya Wacana (Ikabiosatwa) 2017

Alumni Fakultas Biologi yang tergabung dalam Ikatan Alumni Biologi Satya Wacana (Ikabiosatwa) menggelar kegiatan temu kangen pada Sabtu, 7 Oktober 2017. Temu kangen ini diikuti oleh alumni fakultas Biologi lintas angkatan sejak tahun 1960. Beberapa kegiatan yang digelar antara lain jalan santai, pelepasan burung, tanam pohon langka, ziarah dan tabur bunga, re-born (rembug bersama) Ikabiosatwa, hingga temu kangen alumni biologi lintas angkatan.

Sebagai puncak kegiatan temu kangen, para alumni memberikan tali asih kepada mantan pegawai dosen, pegawai administrasi, laboran serta pegawai dosen, pegawai administrasi, serta laboran yang masih aktif. Dalam kesempatan tersebut, Ikabiosatwa juga menerbitkan Buku Tinta Emas Alumni Biologi UKSW Jilid 2 dengan judul “EYANG NARTO: Pembelajar, Pendidik, dan Petualang Sejati”.

Yoga Tri Handoko, alumni sekaligus salah satu tim penyunting buku mengatakan buku tersebut merupakan kumpulan tulisan atau bungai rampai dari para alumni Biologi UKSW sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada Drs. Soenarto Notosoedarmo, M.Sc. atas karya dan dedikasinya selama lebih dari 40 tahun menjadi dosen di Fakultas Biologi UKSW.

Galeri

SWCA Services

Selamat datang di SWCA

Satya Wacana Career & Alumni Center atau lebih dikenal dengan SWCA UKSW merupakan unit pelayanan karir yang didirikan pada tahun 2006 oleh Universitas Kristen Satya Wacana di bawah pengelolaan Biro Promosi dan Hubungan Luar. Keberadaan SWCA sebagai wujud peningkatan tanggung jawab terhadap mahasiswa dan terkhusus bagi lulusan UKSW sebagai mediator antara pencari tenaga kerja yakni perusahaan /industry/ instansi/ lembaga pendidikan (user) dengan lulusan sebagai calon tenaga kerja.

Kepercayaan yang diberikan terhadap kualitas lulusan UKSW yang memiliki talenta-talenta terbaik, menjadikan salah satu motivasi dalam melayani, mengelola dan mengembangkan SWCA semakin baik kedepan. Kami berharap SWCA UKSW dapat menjadi pilihan yang tepat, be a solution is our main purpose.

Pelayanan SWCA yang dikerjakan secara terpadu dan optimal (full services) menawarkan program-program sebagai berikut :

Softskill training | Career workshop | Internship Opportunity | Tracer Study | Membership SWCA | Register / update data alumni | Job vacancy posting | Apply online vacancy| Recruitment on campus | Job Fair UKSW | Buletin SWCA | SWAN-Satya Wacana Alumni News (digital media) | B2B Donation

Universitas Kristen Satya Wacana

Jl. Diponegoro No. 52-60 Salatiga

Jawa Tengah, 50711

Telp & Fax : (0298) 3419160

Email : swca@adm.uksw.edu

swca.uksw.edu

FORWARD
MailerLite